Iklan

terkini

Pemkab Lotim Kembali Gelar Evaluasi PAD

Jejak Lombok
Tuesday, June 11, 2024, Tuesday, June 11, 2024 WIB Last Updated 2024-06-23T11:17:34Z

 



SELONG – Efektifitas Pembangunan di Kabupaten Lombok Timur tidak lepas dari pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang juga merupakan cermin kemandirian suatu daerah dan penerimaan murni daerah yang merupakan modal utama bagi daerah dalam membiayai pemerintahan dan Pembangunan. Sehubungan dengan hal tersebut Pemda Lombok Timur melakukan rapat koordinasi dan evaluasi PAD yang berlangsung di Rupatama I pada Selasa pagi, (11/06) dihadiri PJ. Sekda Lotim, Asisten 2, inspektur Inspektorat, dan seluruh kepala OPD terkait.

Pj. Sekda Lotim H. Hasni saat memimpin rapat menyampaikan bahwa rapat ini diselenggarakan guna melihat sejauh mana pencapaian target PAD di Lotim yang nantinya menjadi bahan evaluasi bagi semua kepala perangkat daerah dalam pencapaian target yang telah ditentukan.

Menurut H. Hasni disisi PAD, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) meminta Pemerintah daerah Lombok Timur agar memaksimalkan potensi yang dimiliki, guna tercapainya peningkatan PAD yang ditargetnya. Hal tersebut mengingat di Lombok Timur terdapat banyak restoran, tempat makan dan perhotelan yang masih belum dimaksimalkan pajaknya.

Posisi PAD Lombok Timur berada di posisi 27,10 persen dengan target Rp. 160.962.778.642. Namun Jika dilihat progres realisasi PAD Tahun 2023 dengan 2024 mengalami sedikit kenaikan, dari 151 Miliar menjadi 160 Miliar.

Sementara realisasi PAD sampai dengan 10 Juni 2024, capaian PAD diatas 25persen dicapai oleh Bank NTB, Dikes, UPTD RSUDLombok Timur, RSUD Selaparang, Rs Patuh Karya, dan Dinas Pertanian. PAD kurang dari 15-25 persen  dicapai DLH, Dinas Perdagangan, Dinas koperasi dan UMKM, Dinas peternakan dan keswan, dan RSUD R Soedjono. Sementara capaian 15 persen didominasi oleh Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum,Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian, Dispora, Diskominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan, BPKAD, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.*

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Lotim Kembali Gelar Evaluasi PAD

Terkini

Iklan