Iklan

terkini

Kautsar Wibawa Wakili Kemenag Lombok Tengah Bimtek SPARK 2024

Tuesday, July 23, 2024, Tuesday, July 23, 2024 WIB Last Updated 2024-07-23T06:51:51Z


Lombok Tengah, - Kautsar Wibawa merupakan Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kopang, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Tengah yang saat ini sedang mengikuti Bimtek Sekolah Penyuluh dan Penghulu Aktor Resolusi Konflik (SPARK) 2024 angkatan ke-6 Zona D.


Keikutsertaan Kautsar dalam Bimtek SPARK 2024 setelah mengikuti seleksi pada bulan Mei 2024 dan dinyatakan lulus sebagai peserta pada bulan juni lalu.


Kautsar Wibawa merupakan satu-satunya Penyuluh Agama Islam yang mewakili Kemenag Lombok Tengah dalam Bimtek Sekolah Penyuluh dan Penghulu Aktor Resolusi Konflik tersebut.


Dijelaskan, SPARK 2024 Angkatan Ke-6 Zona D dilaksanakan pada 22-26 Juli 2024 di Grand Swiss-Bel Hotel Darmo, Surabaya.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Kasubdit Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik,l Dedi Slamet Riyadi.


Dalam sambutannya, Dedi Slamet menyampaikan bahwa kegiatan SPARK itu diharapakan dapat menghasilkan Penyuluh dan Penghulu yang memiliki keahlian dalam menginisiasi langkah-langkah pencegahan dan penanganan konflik sosial yang berdimensi keagamaan di tengah-tengah masyarakat. 


Dijelaskan, kegiatan itu dilaksanakan oleh Subdit Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik (BPKI-PK), Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais), Dirjen Bimas Islam, Kementerian Agama RI. 


Kegiatan SPARK diikuti oleh peserta yang lolos seleksi. Pada tahun 2024 peserta dibagi menjadi lima kelompok berdasarkan zonasi. Masing-masing kelompok terdiri dari 50 peserta, untuk Provinsi NTB masuk dalam Zona D, bergabung bersama Propinsi Jawa Timur, Bali, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.


Sebagai perwakilan Kemenag Lombok Tengah, Kautsar Wibawa berharap dengan mengikuti kegiatan SPARK itu dia memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang pencegahan dan penanganan konflik.


"Agar nanti setelah selesai mengikuti kegiatan dia bisa aktif dalam mencegah dan penangan konflik yang terjadi di wilayah tugasnya sebagai penyuluh Agama Islam,"katanya berharap.





Ket. Foto: Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Kopang Kemenag Kabupaten Lombok Tengah, Kautsar Wibawa (Podium) saat sedang memimpin doa dalam acara pembukaan SPARK 2024 di Surabaya

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kautsar Wibawa Wakili Kemenag Lombok Tengah Bimtek SPARK 2024

Terkini

Iklan