Iklan

terkini

Pondok Pesantren Darul Muslim Thailand Apresiasi KKN Internasional IAIH Pancor

Jejak Lombok
Monday, July 29, 2024, Monday, July 29, 2024 WIB Last Updated 2024-07-29T09:00:39Z



SLONG -- Institut Agama Islam HAMZANWADI (IAIH) Pancor sukses melaksanakan kegiatan pengabdian internasional dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertarap internasional di Thailand. 


Pelaksanaan kegiatan perdana ini mendapat respon positif dari keluarga besar pondok pesantren Darul Muslim Yala, Fatoni Thailand sebagai tempat utama kegiatan KKN Internasional IAIH Pancor.  


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, peluncuran kegiatan internasional ini dilaksanakan pada bulan Juni lalu dan berakkhir pada akhir Juli 2024 ini di Wilayah Yala, Fatoni, Thailand. 


Keluarga besar pondok pesantren Darul Muslim menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas semua kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa KKN Internasional IAIH Pancor selama berada di Thailand.


Agenda pokok kegiatan KKN Internasional IAIH Pancor tahun ini adalah pendidikan Islam, lingkungan dan keIndonesiaan. Kegiatan KKN Internasional IAIH Pancor berkaitan dengan pendidikan Islam dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pengajaran materi-materi keIslaman yang dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa KKN Internasional IAIH Pancor kepada keluarga besar pondok pesantren Darul Muslim Yala, Fatoni Thailand. 


Untuk kegiatan lingkungan dilaksanakan dalam bentuk penghijuan berupa kegiatan penanaman pohon di wilayah Narathiwat dan Yala Fatoni, dan edukasi penjagaan lingkungan kepada para santri. Ketiga, pengajaran bahasa Indonesia kepada santri pesantren Darul Muslim Fatoni. 


Program ketiga ini adalah permintaan langsung pihak pondok agar para santri mengetahui berbagai hal tentang Indonesia. 


Menurut Wakil Rektor IAIH Pancor bidang kemahasiswaan, Dr. Abdul Hayyi Akrom, M.Pd, kegiatan KKN Internasional ini adalah bagian dari kegiatan penting IAIH Pancor dalam usaha untuk hadir memberi manfaat kepada masyarakat dalam lingkup yang lebih luas, yakni Asia Tenggara. 


IAIH Pancor ingin hadir di banyak tempat dalam wujud yang konstributif memajukan kehidupan ummat. Tidak hanya itu, kegiatan KKN Internasinal IAIH Pancor ini menjadi bagian dari wajud partisipasi sivitas akademika IAIH Pancor untuk memberikan pengalaman langsung pada pergaulan internasional antara bangsa kepada mahasiswa-mahasiswinya. 


IAIH Pancor aktif menyiapkan pergaualan luas kepada mahasiswa-mahasiswinya untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 


Saat ini, IAIH Pancor sendiri telah memiliki dua orang mahasiswa asing asal Thailand yang sedang menempuh pendidikan pada kampus yang didirikan oleh Almagfurullah Maulasyeikh TGKH. Muhammad Zaenuddin Abdul Majadi, Pahlawan Nasional asal Nusa Tenggara Barat. 


Sementara itu, Ustadz Komarudin, selaku wakil mudir Pesantren Darul Muslim Yala, Fatoni Thaialand menyampaikan terima kasih kepada keluarga IAIH Pancor atas pengiriman mahasiswa KKN Internasional di pondok pesantren yang didirikan oleh orang tuanya. 


Beliau berharap, pada tahun-tahun mendatang, IAIH Pancor dapat terus melaksanakan kegiatan-kegiatan internasional, dan menjadikan pondok pesantren Darul Muslim Thailand sebagai mitra tetapnya. 


Lebih lanjut, melalui releas kepada media, Ustadz Komarudin berharap, IAIH Pancor terus bisa terhubung dalam berbagai kegiatan dengan pondok yang dipimpinnya.*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pondok Pesantren Darul Muslim Thailand Apresiasi KKN Internasional IAIH Pancor

Terkini

Iklan