Iklan

terkini

BPVP Lotim Gelar Selekda 14 th Wordskills Asean Competition

Jejak Lombok
Wednesday, October 2, 2024, Wednesday, October 02, 2024 WIB Last Updated 2024-10-02T09:11:03Z


Selong-- Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur gelar Seleksi Daerah (Selekda) 14th Worldskills Asean.


Gelaran tersebut dirangkaikan dengan  kegiatan Vokasi Begawe by BPVP Lombok Timur, Selasa (1/10)


Kepala BPVP Lombok Timur, Verry Fahrudin menyampaikan, salah satu prioritas pembangunan nasional adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan daya saing, hal itu tertuang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.


Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai upaya dilakukan melalui program dan kegiatan baik yang dikelola oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dengan melibatkan seluruh potensi sumber daya di masyarakat. 


Kegiatan tersebut, terangnya, melalui kompetisi keterampilan, baik pada tingkat daerah, nasional, regional maupun dunia. Kompetisi keterampilan (Skills Competition) merupakan ajang bagi talenta muda untuk unjuk kompetensi pada bidang keahlian tertentu.


Selekda calon kompetitor WorldSkills ASEAN Competition untuk menjaring talenta muda calon kompetitor the 14th WorldSkill ASEAN Competititon untuk mewakili daerah di tingkat nasional. 


"Festival Vokasi dengan kegiatan Vokasi Begawe sebagai promosi dan ajang memperkenalkan BPVP Lombok Timur ke masyarakat NTB," terang Verry.


Seleksi daerah the 14th WorldSkills ASEAN Competition dilaksanakan untuk bidang kompetisi, seperti Restoran Service, Cooking, Kegiatan Vokasi Begawe by BPVP Lombok Timur diisi dengan kegiatan, Trial Class untuk 7 program pelatihan, Job Fair dan Walk in Interview untuk lebih dari 40 perusahaan, Bazar UMKM sebanyak 52 orang peserta yang berasal dari UMKM almuni pelatihan vokasi, BLK UPTD, BLK Komunitas dan Talenta Muda, Pameran Pelatihan Vokasi, dan Hiburan-hiburan


Dia menyebut Peserta per bidang lomba sebanyak 10 orang, Total Peserta sebanyak 20 orang Peserta berasal dari Alumni Lembaga Pelatihan, Siswa Sekolah Vokasi / Universitas, Karyawan Hotel / Restoran sementara asal Peserta dari Propinsi NTB, Propinsi Bali  dan Propinsi Sulawesi Selatan.


"Kegiatan dilaksanakan selama 5 hari dimulai dari 30 September s/d 4 Oktober 2024," pungkas Verry.


Pada kesempatan Pj Sekda Lombok Timur, H. Hasni yang di daulad membuka acara tersebut menyampaikan sebagai Pejabat Sekretaris Daerah, merasa sangat terhormat dan bersemangat untuk berada di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur.



Ia membuka secara resmi Seleksi Daerah 14th WorldSkills ASEAN dan kegiatan Vokasi Begawe by BPVP Lombok Timur.



Menurutnya, kegiatan Seleksi Daerah tersebut bukan hanya sekedar ajang kompetisi, namun juga sebagai wadah bagi para pemuda kita untuk mengasah kemampuan dan menunjukkan bakat terbaik mereka dalam berbagai bidang keahlian vokasional.


WorldSkills ASEAN telah lama dikenal sebagai sarana yang efektif untuk memotivasi pemuda dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan global dengan keterampilan yang kompeten dan kompetitif. 


"Oleh karena itu, seleksi daerah ini menjadi sangat strategis untuk mencari dan mempersiapkan talenta-talenta terbaik yang akan mewakili daerah kita di tingkat nasional bahkan internasional," ungkap Hasni.


ASEAN Skills Competition (ASC) atau saat ini dikenal dengan Worldskills ASEAN ini merupakan salah satu bentuk kongkret dari kerjasama peningkatan kompetensi generasi muda yang disepakati pada sidang Komite bersama antara Menteri Menteri Tenaga Kerja anggota negara-negara ASEAN pada pertemuan ke-10 (kesepuluh) bulan Mei 1994 di Singapura. 



Worldskills ASEAN diselenggarakan 2 (dua) tahun sekali yang penyelenggaraannya dilaksanakan secara bergantian oleh negara anggota. Worldskills ASEAN ke-1 (kesatu) dilaksanakan pada tahun 1996 dengan Malaysia sebagai tuan rumah. WorldSkills ASEAN ke-14 pada tahun 2025 nanti akan dilaksanakan di Philipina.



Seleksi daerah di BPVP Lombok Timur ini diselenggarakan untuk dua bidang kompetisi yaitu bidang  Restoran Service dan bidang Cooking. 


Para peserta berasal dari sekolah-sekolah vokasi maupun lembaga-lembaga pelatihan vokasi seperti BPVP Lombok Timur maupun juga berasal dari karyawan industri perhotelan. 


Para peserta tidak hanya berasal dari Propinsi NTB tapi juga berasal dari Propinsi Bali dan Propinsi Sulawesi Selatan.


Bersamaan dengan kegiatan Selekda ini juga dilaksanakan kegiatan Vokasi Begawe by BPVP Lombok Timur dalam rangka promosi dan memasifkan Pelatihan Vokasi, Bulan Oktober telah dicanangkan sebagai Bulan Pelatihan Vokasi. 



Pada Bulan Oktober ini, 21 UPTP BPVP yang tersebar diseluruh Indonesia melaksanakan Kegiatan Festival Pelatihan Vokasi yang mengundang masyarakat untuk hadir ke BPVP.



Bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain Trial Class Pelatihan Vokasi, Talent Talk, Job Fair, Bazzar UMKM dan Alumni, open house, dan berbagai kegiatan lainnya.



Kegiatan Bersama masyarakat yang berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dilaksanakan agar Pelatihan Vokasi lebih dikenal secara secara luas oleh seluruh lapisan masyarakat dan menunjukkan peran penting pelatihan vokasi dalam meningkatkan kualitas SDM bangsa Indonesia.



Selanjutnya dengan rangkaian kegiatan ini, Hasni berharap untuk bisa berjalan dengan baik dan apa yang diharapkan oleh BPVP Lombok Timur bisa terkabulkan.



Kepada para peserta Seleksi daerah Wordskills ASEAN, saya mengatakan bahwa setiap dari Anda adalah duta besar daerah kita. 


"Anda adalah harapan dan masa depan, bukan hanya bagi daerah kita, tetapi juga bagi negara dan lebih luas lagi bagi masyarakat ASEAN," ucapnya.


Tunjukkan bahwa dedikasi, kerja keras, dan passion Anda dalam mengasah keahlian dapat membawa nama harum daerah kita," pesan Hasni. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPVP Lotim Gelar Selekda 14 th Wordskills Asean Competition

Terkini

Iklan